Monday, October 1, 2018

Makanan Sehat Penderita Batu Ginjal

Makanan Sehat Penderita Batu Ginjal 




Makanan Sehat Penderita Batu Ginjal - Batu ginjal merupakan jenis penyakit yang berbeda yang berasal dari (batu asam urat, batu kalsium oksalat, batu sistin dan batu struvite) dan pengobatan untuk masing masing jenis batu ginjal akan membutuhkan diet yang sangat spesifik. Terjadinya batu ginjal karena adanya gangguan urologis yang menyakitkan dan terjadi ketika batu terbentuk di ginjal, ureter, atau kandung kemih, karena kristal yang terbuat dari bahan kimia dalam urin.

Senyawa oksalat dapat mengikat kadar kalsium di dalam tubuh yang berlebihan termasuk dalam struktur penyusun batu, sehingga diperlukan dalam mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal ataupun meluruhkan batu ginjal. Konsumsilah makanan yang mengandung kadar oksalat tinggi sehingga baik untuk menghancurkan batu ginjal, berikut ini : 
  • Buah buahan seperti pepaya, apel, anggur, semangka, ceri, cranberries, dan apel.
  • Makanan pokok yaitu beras merah dan biji gandum
  • Sayuran seperti brokoli, asparagus, kubis, timun, labu dan bawang.
  • Minuman seperti madu dan teh hijau.

Diet batu ginjal akan mengubah kebiasaan makan anda sehari-hari. Selain mengubah pola makan, anda juga harus mengubah pola hidup yang lebih sehat. Penting bagi penderita batu ginjal untuk mengurangi asupan garam, makanan kaleng juga harus di hindari karena sebagian besar makanan olahan memiliki kandungan tinggi natrium. Dengan anda mengentahui makanan yang sehat dan jagat bagi penderita batu ginjal di harapkan dapat mempercepat proses kesembuhan dari penyakit yang di derita. mari kita simak bersama di bawah ini : 

Melon 
makanan sehat pertama yang bagud di konsumsi penderita batu ginjal agar bisa terhindar dari resiko tinggi terkena dampak buruk adalah buah melon. Para ahli menermukan ada kandungan zat yang ada di dalam melon sangat efektif untuk menghancurkan batu yang ada di ginjal.

Apel
penting untuk anda ketahui di dalam buah apel terdapat kandungan "vitamin a dan c" yang dapat melarutkan batu ginjal. 

Bawang putih
selain terkenal dengan senyawa ajaib " alicin" yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang bertujuan untuk menghindarkan dari serangan penyakit yang menyerang autoimun, ternyata bawang putih ini juga masih memiliki kandungan super lainnya. kandungan lain yang dimiliki bawang putih ternyata bagis jika dikonsumsi penderita batu ginjal, karena kandungan ini dapat membantu menghancurkan batu ginjal pada orang yang sedang menderita batu ginjal. 

Mentimun 
di dalam mentimun terdapat kandungan zat baik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan penderita batu ginjal. Maka dari itu penderita batu ginjal yang ingin terhindar dari resiko tinggi terkena dampak negatif batu ginjal sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi mentimun.

Bayam 
ada banyak kandungan zat seperti "kalium, vitamin, magnesium, seng, zat besi dan masih banyak lagi yang menjadi faktor pendukung sayur ini dapat melawan batu ginjal.
penderita batu ginjal yang ingin terhindar dari resiko tinggi terkena dampak buruk dari batu ginjal sangat dianjurkan mengkonsumsi sayur ini. 

Semangka 
memiliki banyak kandungan air di dalamnya menjadi alasan mengapa buah semangka bagus di konsumsi penderita batu ginjal. berkat memiliki banyak kandungan air tersebutlah buah ini dapat membantu mengeluarkan batu yang ada di ginjal. 

Minyak zaitun
kandungan asam lemak yang ada di dalam ginjal dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal yang bertujuan untuk melawan batu ginjal.

Kubis 
orang yang sedang menderita batu ginjal tidak di anjurkan makan nasi dalam jumlah yang banyak karena tidak baik untuk kesehatan, sebagai penggantinya kubis bisa menjadi makanan pokok bagi penderita batu ginjal. memiliki banyak vitamin serta mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan penderita batu ginjal sehingga tidak heran jika kubis bagus di konsumsi penderita batu ginjal. 

Selain makanan yang sehat untuk penderita batu ginjal ternyata juga ada makan yang jahat sehingga dapat memperburuk kondisi batu ginjal yang di alami, antara lain di bawah ini :
  • Susu hewani beserta olahannya seperti yogurt, keju, tahu, tempe, susu kacang, dll
  • Sayuran tertentu seperti bayam, wortel seledri paprika dan umbi umbian
  • Kacang kedelai beserta olahannya seperti susu kacang, tahu, tempe dll
  • Buah buahan tertentu seperti jambu biji, kismis, dan cokelat
  • Jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang polong, dan kacang tanah yang mengandung kadar kalsium tinggi.
  • Biji kopi beserta olahraganya
  • Minuman beralkohol
  • Suplemen vitamin D yang dapat membentuk kalsium di dalam tubuh. 

Perbanyaklah minum air putih sebagai cara yang paling alami dalam mengeluarkan batu ginjal melalui urine yang di keluarkan, sehingga semakin sering buang air kecil akan semakin baik untuk kondisi batu ginjal yang di alami dan mencegah pengendapan mineral di dalam ginjal. 



Post By : Makanan Sehat Penderita Batu Ginjal 

No comments:

Post a Comment