Tuesday, October 16, 2018

Cara Mencegah Stroke Pada Lansia

Cara Mencegah Stroke pada Lansia 


Gejala stroke ringan disarankan untuk tidak di abaikan meskipun hanya berlangsung beberapa menit dan tidak menyebabkan kerusakan, tetapi kondisi ini bisa menjadi peringatan. karena 1 dari 3 orang yang pernah mengalami stroke ringan, bisa mengalami stroke dan sekitar setengahnya terjadi dalam waktu satu tahun.

Stroke ringan dalam bahasa medis di sebut juga serangan iskemik transien (sesaat) atau transient ischaemic attack (TIA). kondisi ini memiliki pengertian yang sama dengan stroke yaitu adanya hambatan aliran darah ke otak. Stroke ringan terjadi karena adanya endapan kolesterol yang mengandung lemak, dikenal dengan istilah plak (aterisklerosi), di dalam arteri yang menghantarkan oksigen dan nutrisi ke otak.
Faktor yang dapat meningkatkan risiko anda mengalami gejala stroke ringan diantaranya adalah faktor keturunan, berusia di atas 55 tahun, jenis kelamin laki-laki dan penyakit anemia sel sabit atau sickle cell.

Beberapa gejala stroke ringan yang perlu and ketahui diantaranya adalah : 
  • Mengalami kelumpuhan pada salah stau sisi tubuh seperti wajah, lengan atau kaki
  • Cara berbicara menjadi kacau, cadel, dan tidak jelas, serta kesulitan memahami kata-kata orang lain.
  • Akan mengalami pandangan yang kabur, bahkan kebutaan pada salah satu atau kedua mata.
  • Pusing serta kehilangan keseimbangan.

Pencegahan stroke ringan yang perlu anda ketahui terlepas dari faktor usia atau adanya riwayat keluarga adalah :
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan faktor terbesar yang meningkatkan risiko seseorang mengalami stroke jika tidak di kontol. Anda perlu menjaga tekanan darah kurang dari 120/80 hipertensi bisa diturunkan dengan cara mengurangi konsumsi garam dalam makanan, hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan jangan lupa makan buah serta sayuran .
  • Menurunkan Berat Badan. Obesitas yang juga terkait dengan tekanan darah tinggi dan diabetes juga akan meningkatkan peluang anda mengalami stroke. bagi yang sudah mengalami obesitas atau baru sekedar kelebihan berat badan, disarankan untuk menurunkan setidaknya 5 kg untuk mengurangi risiko terkena penyakit stroke.
  • Olahraga. Olahraga mempunyai peranan terpenting untuk menurunkan berat badan dan tekanan darah berlatihlan dengan intensitas sedang setidaknya lima kali seminggu bisa menurunkan risiko terkena stroke lakukan hal-hal kecil seperti berjalan-jalan mendaftar klub kebugaran agar bisa rutin berolahraga, atau memilih naik tangga bukan lift untuk mengawali hidup anda yang lebih sehat. 

Langkah utama untuk mencegah stroke adalah menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, kenali dan hindari faktor yang ada, serta ikuti anjuran dokter. beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke, antara lain :

Menjaga Pola Makan 
terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan berlemak dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah dan risiko menimbulkan hipertensi yang dapat memicu terjadinya stroke. jenis makanan yang rendag lemak dan tinggi serat sangat di sarankan untuk kesehatan, Hindarai konsumsi garam yang berlebihan. konsumsi garam yang baik adalah sebanyak 6 gram atau satu sendok teh per hari. 

Makanan yang di sarankan adalah makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh, protein, vitamin dan serat. Seluruh nutrisi tersebut bisa di peroleh dari sayur, buah, biji-bijiab utuh dan daging rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit.

Berhenti Merokok
Risiko stroke meningkatkan dua kali lipat jika seseorang merokok, karena rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat darah mudah menggumpal tidak merokok berarti juga mengurangi risiko berbgai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru-paru dan jantung. 

Hindari Konsumsi Minuman Beralkohol 
Minuman keras mengandung kalori tinggi. Jika meminum beralkohol dikonsumsi secara berlebihan, maka seseorang rentan terhadap berbagai penyakit pemicu stroke, seperti diabetes dan hipertensi. Konsumsi minuman beralkohl berlebihan juga dapat membuat detak jantung menjadi tidak teratur. 

Nah itulah beberapa langkah pencegahan untuk menghindari adanya stroke. Untuk anda sebisa mungkin menjauhi makanan yang mengandung banyak lemak dan hindari merokok. Rajinlah berolahraga makan tubuh akan selalu sehat dan bugar. 

No comments:

Post a Comment